RSS

Manajemen Perubahan pada Program Perguruan Tinggi

16 Des

Pada halaman ini akan dibahas tentang mengidentifikasi salah satu program yang ada pada Renstra Kemdikbud 2010-2014 yang mengindikasikan suatu program perubahan. Program yang diidentifikasi yaitu: Program Pendidikan Tinggi. Pihak yang menjadi sasaran dalam program tersebut yaitu Perguruan Tinggi di seluruh provinsi di Indonesia.

Langkah-langkah yang harus dijalankan agar program tersebut berhasil diantaranya:

  1. Leading Change. Penyelenggara program harus memiliki komitmen terhadap perubahan yang akan dijalankan baik dari segi waktu maupun startegi pelaksanaannya.
  2. Creating a shared need. Seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan program harus sepenuhnya mengetahui dan memahami alasan perubahan.
  3. Shaping a vision. Seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan program harus sepenuhnya memahami arah dan tujuan perubahan.
  4. Mobilizing commitment. Seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan program harus memahami stakeholders dan tuntutan daripara stakeholder. Yakinkan pentingnya membangun kerjasama untuk memenuhi kerbutuhan stakeholders.
  5. Making change last. Perubahan harus dimulai dari langkah pertama dan kemudian membuat rencana jangka panjang.
  6. Monitoring Progress. Membuat matriks sebagai alat untuk mengontrol dan mengevaluasi keberhasilan perubahan.
  7. Changing system and structure. Mengembangkan pihak yang terkait dalam pelaksanaan program, melakukan evaluasi kinerja, mengkomunikasikan keberhasilan, memberikan rewards, memperbaiki sistem pelaporan sesuai dengan perubahan yang terjadi.

Resistensi yang mungkin terjadi yaitu:

  1. Kecenderungan menunda perubahan, karena merasa masih banyak waktu untuk melakukan perubahan.
  2. Selalu ada pro kontra mengenai perubahan sehingga menghambat pelaksanaan perubahan.
  3. Orang sering sulit menerima perubahan jika mereka ragu terhadap kepiawaian inisiator perubahan atau tidak menyukai anggota agen perubahan.
  4. Salah pengertian akan apa yang diharapkan dari perubahan, informasi yang disampaikan tidak utuh dan komprehensif.

Upaya yang dilakukan untuk mengeliminasi resistensi diantaranya:

  1. Pendidikan dan Komunikasi. Menerapkan komunikasi terbuka kepada seluruh anggota. Komunikasi dapat dilakukan dalam bentuk lisan, tulisan, atau lisan dan tulisan. Dengan demikian seluruh anggota pelaksana dapat menerima informasi dari satu sumber. Informasi yang disampaikan harus jelas, baik alasan mengapa dilakukan perubahan, tujuan melakukan perubahan, dan manfaat perubahan bagi seluruh pihak yang terkait.
  2. Partisipasi. Sebelum mengaplikasikan rancangan perubahan yang telah diformulasikan, pimpinan puncak dan agen perubahan harus dapat mengidentifikasi siapa-siapa yang resisten terhadap perubahan. Orang-orang yang resisten kemudian dilibatkan dalam membahas faktor-faktor yang menimbulan perubahan.
  3. Fasilitas dan dukungan. Agen perubahan harus dilatih sedemikian rupa agar dapat memfasilitasi dan membantu anggota organisasi yang menghadapi kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang telah dirancang. Jika perlu agen perubahan dapat menyelenggarakan pelatihan atau seminar seminar untuk meningkatkan pemahaman tentang perubahan tersebut.
  4. Negoisasi. Dilakukan jika agen perubahan menemui resistensi perubahan dari orang tertentu. Orang tersebut diundang untuk berdiskusi dan negosiasi.
  5. Manipulasi dan kooptasi. Yang dimaksud dengan manipulasi adalah menonjolkan suatu realita sehingga terlihat dan terasa akan sangat menarik. Sedangkan kooptasi adalah kombinasi dari manipulasi dan partisipasi. Dengan menonjolkan suatu realita sehingga terlihat menarik orang yang resisten diajak berdiskusi dan membuat keputusan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pentingnya melakukan perubahan.
  6. Paksaan. Taktik ini adalah penerapan ancaman atau pemaksaan terhadap orang yang resisten terhadap perubahan. Pemindahan atau rotasi, tidak promosi, pemecatan, adalah beberapa bentuk paksaan.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Desember 2013 in Education

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: