RSS

Keterkaitan Konsep Pendidikan Dan Perubahan

16 Des

Pendidikan adalah berusaha membangun seseorang untuk lebih dewasa. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Fungsi individual pendidikan adalah untuk memungkinkan seorang melakukan perubahan untuk menempuh hidup yang lebih memuaskan dan lebih produktif dengan menyiapkannya untuk menghadapi masa depan (pengalaman baru).

Perubahan merupakan salah satu tahap yang harus dilalui, karena change is the only evidance of life (perubahan adalah satu-satunya bukti kehidupan). Dan pada dasarnya perubahan itu bukan hanya menerapkan teknologi, metode, dan sistem-sistem baru, tetapi juga merubah cara berfikir dan berperilaku. Kita harus berubah, karena terjadi perubahan terus-menerus baik dari lingkungan eksternal kita seperti tingkat persaingan antar Perguruan Tinggi, ekonomi, kekuatan global, demografi, sosial, teknologi, dan permintaan masyarakat terhadap lulusan kita. Maupun perubahan yang terjadi dari lingkungan internal seperti product life cycle (siklus hidup produk) dan ketersediaan sumber daya internal.

Perubahan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan karena adanya keterkaitan yang menghasilkan suatu paradigma kehidupan. Namun perubahan juga secara cepat mempengaruhi kehidupan kita yang normal. Dalam hal ini, adalah perlu bagi kita untuk mengantisipasi masalah yang dihadapi, memikirkan alternatif dan metode yang akan digunakan dalam pemecahan masalah, termasuk di dalamnya bagaimana mengehadapi resistensi akibat perubahan tersebut. Poin-poin tersebut dapat diperoleh dari proses pendidikan baik pendidikan formal maupun informal. Dengan perubahan-perubahan yang terjadi, sebaiknya melihat kembali secara lebih dalam bagaimana suatu perubahan memberikan pengaruh terhadap pendidikan juga termasuk perubahan-perubahan yang kita buat dan bagaimana kita mengakomodasi perubahan tersebut. Implementasi terhadap perubahan harus dilakukan dengan cara pendidikan yang tepat. Dengan pendidikan perubahan senantiasa mengikuti alur yangΒ  selektif dan positif.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Desember 2013 in Education

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: