RSS

Analisis Lingkungan Ekstern

16 Des

Ada banyak faktor ekstern yang mempengaruhi pilihan arah dan tindakan suatu perusahaan dan akhirnya struktur organisasi dan proses internalnya. Faktor–faktor ini yang kita namakan lingkungan ekstern, dapat dibagi menjadi tiga sub kategori yang saling berkaitan :

Untitled3

Lingkungan jauh (Remote Environment)

1. Faktor ekonomi

Faktor ekonomi berkaitan dengan sifat dan arah sistem ekonomi tempat suatu perusahaan beroperasi. Karena pola konsumsi dipengaruhi oleh kesejahteraan relatif berbagai segmen pasar, dalam perencanaan strategiknya setiap perusahaan harus mempertimbangkan kecenderungan ekonomi di segmen – segmen yang mempengaruhi industrinya.baik ditingkat nasional maupun internasional, perusahaan harus mempertimbangkan ketersediaan kredit secara umum, ingakat penghasilan yang akan dibelanjakan, serta kecenderungan belanja masyarakat.

 2. Faktor sosial

Faktor sosial yang mempengaruhi suatu perusahaan adalah kepercayaan , nilai, sikap, opini dan gaya hidup orang–orang dilingkungan ekstern perusahaan, yang berkembang dari pengaruh kultural, ekologi, demografi, agama, pendidikan dan etnik. Jika sikap sosial berubah, berunag pulalah berbagai jenis permintaan barang. Perubahan sosial dalam peningkatan perhatian konsumen terhadapa masalah kualitas hidup, pergeseran distribusi usia populasi.

 3. Faktor politik

Arah dan stabilitas perkembangan politik merupakan faktor penting bagi manajer dalam merumuskan strategi perusahaan. Faktor – faktor politik menentukan parameter legal dan regulasi yang membatasi operasi perusahaan. Kendala politik dikenakan atas perusahaan melalui keputusan tentang perdagangan yang adil, undang undang antirust,program perpajakan, ketentuan upah minimum, kebijakan tentang pulusi serta penetapan harga,dan banyak lagi tindakan yang dimaksudkan untuk melindungi pekerja, konsumen masyarakat umum dan lingkungan.

 4. Faktor teknologi

Untuk menghindari keusangan dan mendorong inovasi, perusahaan harus mewaspadai perubahan teknologi yang mungkin mempengaruhi industrinya. Adaptasi teknologi yang kreatif dapat membuka kemungkinan terjadinya dan terciptanya produk baru, penyempurnaan produk yang sudah ada, atau penyempurnaan dalam teknik produksi dan pemasaran. Kunci peramalan kemajuan teknologi yang bermanfaat terletak padapendugaan yang akurat mengenai kemampuan teknologi masa depan dalam dampaknya yang mungkin. Analisis menyeluruh mengenai dampak perubahan teknologi baru terhadap lingkungan jauh, terhadap situasi persaingan bisnis, dan terhadap anatr muka bisnis masyarakat.

5. Faktor ekologi

Ketika para manajer strategik membuat peramalan faktor yang paling menonjol seringkali adalah hubungan timbal balik antara bisnis dan ekologi. Istilah ekologi mengacu pada hubungan tmbal balik anatar manusia dengan mahluk lainnya.ancaman terhadap ekologi pendukung kehidupan kita yang utamanya disebabkan oleh kegiatan manusia dalam suatu masyarakat industrial biasanya dinamakan populasi.

Lingkungan industri (global dan domestik)

1. Bagaimana kekuatan  persaingan mempengaruhi strategi

Intisari formulasi strategi adalah menanggulangi persaingan. Tetapi sring kali kita memandang persaingan terlalu sempit dan pesimistik.

Untitled4

Situasi persaingan dalam suatu industri bergantung pada lima kekuatan pokok, yang digambarkan pada gambar diatas. Kekuatan gabungan dari faktor–faktor ini menentukan posisi laba suatu industri. Persaingan dalam industri sering dikatakan dalam industri persaingan sempurna.

2. Kekuatan persaingan

Kekuatan atau faktor persaingan terkuat akan menentukan kemampulabaan suatu industri dan karenanya merupakan faktor paling penting dalam perumusan strategi. Setiap industri memmiliki struktur yang mendasarinya yaitu sekumpulan karakteristik dan teknis, yang memunculkan kekuatan–kekuatan persaingan ini. Penyusunan strategi yang ingin memposisikan perusahaan nya agar dapat menyesuaikna perusahaan dengan lingkungannya.

3. Analisis industri dan analisis persaingan

Merancang strategi yang layak bagi suatu perusahaan menuntut pemahaman penuh atas industri tempat perusahaan berada dan persaingannya.

4. Batas industri

  • masalah dalam menetapkan batas industri
  • mengembangkan batas industri yang realistik

5. Struktur industri

mendefinisikan batas industri belum lengkap tanpa memahami atribut strukturalnya. Atribut struktural adalah karakteristik tertentu yang memberikan khas suatu industri.

 

Lingkungan operasional (Global dan Domestik)

  1. Pesaing
  2. Kreditor
  3. Pelanggan
  4. Tenaga kerja
  5. Pemasok

Proses analisis lingkungan eksternal harus dilakukan dengan dasar yang berkelanjutan. Proses ini meliputi empat kegiatan:

  1. Scanning → Mengidentifikasi tanda-tanda awal perubahan lingkungan dan tren
  2. Monitoring → Menemukan arti melalui observasi secara terus menerus terhadap   perubahan lingkungan & tren
  3. Forecasting → Membuat proyeksi perkiraan hasil berdasarkan perubahan & tren yang dimonitor
  4. Assessing Menentukan waktu dan arti penting perubahan lingkungan & tren     terhadap strategi dan manajemen perusahaan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Desember 2013 in Education

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: