RSS

Pengembangan Kriteria dalam Evaluasi Program

13 Des

Evaluasi program mempunyai ukuran keberhasilan, yang dikenal dengan istilah kriteria. Kriteria adalah sesuatu yang digunakan sebagai patokan atau batas minimal untuk sesuatu yang diukur. Kriteria sangat perlu dibuat oleh evaluator karena evaluator terdiri dari beberapa orang yang memerlukan kesepakatan di dalam menilai.

Dasar pembuatan kriteria adalah sumber pengambilan kriteria secara keseluruhan. Dengan pengertian bahwa kriteria adalah suatu ukuran yang menjadi patokan yang harus dicapai maka kriteria tersebut harus top kondisinya. Kriteria sebaiknya dibuat bersama, dan sebaiknya dibuat oleh orang-orang yang akan menggunakannya, yaitu calon evaluator, dengan maksud agar pada waktu menerapkannya tidak ada masalah karena sudah memahami, bahkan tahu apa yang melatarbelakanginya.

Secara garis besar ada dua macam kriteria, yaitu 1) Kriteria Kuantitatif yaitu kriteria yang disusun dengan memperhatikan rentangan bilangan. 2) Kriteria Kualitatif yaitu kriteria yang dibuat tidak menggunakan angka-angka melainkan indikator terhadap komponen. Masing-masing jenis kriteria ada yang disusun dan digunakan tanpa pertimbangan dan ada yang dengan pertimbangan. Keduanya tetap ilmiah karena disusun berdasarkan penalaran yang benar.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Desember 2013 in Education

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: