RSS

Pendekatan Objektif dan Pendekatan Subjektif dalam Komunikasi Organisasi

13 Des

Menurut Genre Teori-teori komunikasi dapat diuraikan diuraikan dengan pendekatan objektif dan pendekatan subjektif.

Teori-teori komunikasi berdasarkan pendekatan Objektif adalah sebagai berikut :

1. Struktural And Functional Theories

  • Struktur sosial dapat diukur, cermat dan dapat dibuktikan
  • Independent,objektif, tidak percaya subjektifitas
  • Strukturalisme berakar pada linguistik yang memberi penekanan pada bahasa dan sistem-sistem sosial. Bahasa alat mewakili suatu keadaan, realistis dengan kenyataan sehari-hari, harus satu makna.
  • Ada pengaruh antara prasangka sosial, misal :efektifitas komunikasi antaretnis

 2. Cognitive and behavioral Theories

  • Teori kognitif dan perilaku cenderung memberi perhatian pada individu
  • Ilmu dapat diperoleh dengan pengamatan secara cermat,dapat diukur dan bisa dibuktikan.
  • Mengarahkan cara orang-orang mengevaluasi aspek-aspek pesan. Komunikasi manifestasi dari perilaku,proses berfikir dan pola fikir .
  • Contoh: pengaruh internal dan situasional seorang penyuluh pertanian (perilaku seseorang). Pengaruh internal dari penyuluh pertanian adalah sikap dan motivasinya sedangkan pengaruh eksternal (situasional)nya adalah lingkungan dimana ia bekerja dan organisasi yang melatarbelakang pada keberhasilan komunikasi pada wilayah pertanian dimana ia bekerja.

Teori-teori komunikasi berdasarkan pendekatan Subjektif adalah sebagai berikut :

1. Interactionist Theories

  • Memahami kehidupan sosial sebagi suatu proses interaksi.
  • Komunikasi sebagai perekat masyarakat
  • Makna bukan sesuatu yang objektif tapi diciptakan oleh orang melalui komunikasi. Makna ganda, tergantung orangnya, bukan apa yang dilihat.
  • Pengetahuan bersifat situasional (tergantung tempatnya,konteksnya) bukan universal.
  • Contoh: orang yang sedang memancing. Memancing bisa bermakna sedang bosan selain bermakna mengail ikan.

 2. Interpretive Theories

  • Pendekatan teks yang bisa diberi makna.
  • Tujuan interpretasi bukan menemukan hukum-hukum yang mengatur kejadian tapi mengungkapkan cara orang memahami pengalaman sendiri
  • Sifatnya implisit. Contoh : kata-kata ’Penyesuaian BBM (Bahan Bakar Minyak)’. Dapat bermakna bahwa BBM akan dinaikkan, berdasarkan pengalaman beberapa kali penggunaan kata-kata tersebut namun tak lama kemudian BBM akhirnya naik juga. Dalam teori ini ada simbol yang harus diinterpretasikan.
  • Komunikasi salah satu aspek yang dapat membantu menyelesaikan konflik atau dan masalah.

 3. Critical Theories

  • Bersifat absolut.
  • Banyak teoritisi kritikal memberi perhatian lebih pada konflik kepentingan  dan dominasi kelompok
  • Memfokuskan pada isu-isu tentang ketidaksetaraan dan penindasan , sering bersifat politis sehingga menimbulkan pro dan kontra,. Contohnya : isu-isu kesetaraan gender/feminisme.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan Teori-teori Komunikasi dalam Pohon Ilmu Komunikasi melalui pendekatan objektif dan pendekatan subjektif dapat diuraikan sebagai berikut :

Ilmu Komunikasi

Pendekatan Objektifis

Pendekatan  Subjektifis

Komunikasi Organisasi

Structural and Functional Theories:

– organisasi adalah struktur yang teratur, orang yang terlibat didalamnya bekerja berdasarkan tugasnya (jobdesk, fungsinya masing-masing)

– Bahasa yang realistis dengan kenyataan bagaimana organisasi itu berjalan.

– Komunikasi dipakai sebagai alat untuk meramalkan keadaan yang sudah dipastikan saat ini karena sudah terukur dengan cermat berdasarkan perencanaan

 Interpretive Theories:

– Individu dengan struktur lebih tinggi dapat mempertimbangkan faktor-faktor di luar persona apabila ia tidak dapat memenuhi tugas strukturnya. Misalnya : dalam sebuah perusahaan seorang sales gagal memenuhi target perusahaan tetapi usaha dan loyalitasnya lebih dari yang diminta

Komunikasi Publik

Cognitive and Behavioral Theories:

– memperhatikan aspek psikologi sosial dan memfokuskan bagaimana orang berfikir

– misalnya ; pada pameran yang bertujuan untuk menumbuhkan minat dan kesukaan/psikologi internal persona

Critical Theories:

– karena lebih memfokuskan pada isu-isu dominasi seseorang pada seseorang yang lain atau kelompok pada kelompok yang lain.

-contohnya pada propaganda dimana sekelompok orang berusaha mempengaruhi sekelompok orang yang lain.

Komunikasi Massa

Structural and FunctionalTheories:

-komunikasi bekerja sesuai dengan bentuk-bentuk dan fungsi-fungsinyanya. Orang yang bekerja didalmya bertugas sesuai dengan tugas dan perannya masing-masing

-Bahasa memegang peranan penting.

-komunikasi bersifat formal dengan biaya tinggi

– pada jurnalisme, bentuknya rinci dan spesifik.  Contoh: editorial views,special artikel, news,kolom dan feature.

– menyangkut tugas to inform, to interpret, to guide dan to entertaint

Interpretive Theories :

– bahasa sebagai teks yang memberi makna

-bahasa sebagai interaksi simbolik yang dapat dimaknai baik oleh semua pihak yang terlibat

-bahasa berfungsi sebagai media untuk menginterpretasi apa yang ingin disampaikan.

-ada umpan balik yang diharapkan sebagai hasil interpretasi.

-misalnya dalam kampanye, pemanfaatan pendapat umum sebagai alat penting untuk menentukan hasil pemilihan

Komunikasi Personal/insani

Structural and Functional Theories:

-cenderung memberi perhatian lebih pada individu insani

-Ada pengaruh antara prasangka social, pada komunikasi antar etnis atau komunikasi lintas budaya

Interactionist Theories :

komunikasi insani  sebagai proses pembentukan makna diantara dua orang atau lebih

-masyarakat tidak akan ada apabila tanpa adanya komunikasi

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Desember 2013 in Education

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: