RSS

Pengertian Manajemen

05 Jan

Manajemen  berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan ururtan dari fungsi-funsi manajemen itu. Jadi manajeman itu merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diingini. Karena manajemen diartikan “mengatur” maka timbul beberapa pertanyaan bagi kita:

→ What (apa yang diatur?)

Yang diatur adalah semua unsur-unsur manajemen yang terdiri dari men, money, methods, materials, mechines and market, disingkat dengan 6M dan semua aktivitas yang ditimbulkannya dalam proses manajemen itu.

→ Why (kenapa harus diatur?)

Agar 6M itu berdaya lebih guna, berhasil guna, terintegrasi dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal.

→ Who (siapa yang mengatur?)

Yang mengatur adalah pemimpin dengan wewenang kepemimpinannya melalui instruksi atau persuasi, sehingga 6M dan semua proses manajemen tertuju serta terarah kepada tujuan yang diinginkannya.

→ How (bagaimana mengaturnya?)

Mengaturnya yaitu melalui proses dari urutan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian = planning, organizing, directing and controlling).

→ Where (dimana harus diatur?)

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena organisasi merupakan alat dan wadah(tempat) untuk mengatur 6M dan semua aktivitas proses manajemen dalam mencapai tujuannya. Tegasnya pengaturan hanya dapat dilakukan di dalam suatu organisasi (wadah/tempat), sebab dalam wadah (organisasi) inilah tempat kerja sama, proses manajemen, pembagian kerja, delegation of authority, koordinasi, integrasi dilakukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Perlu dihayati bahwa manajemen dan organisasi bukan tujuan, tetapi hanya alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan, karena tujuan yang ingin dicapai itu adalah pelayanan atau laba(profit). Walaupun manajemen dan organisasi hanya merupakan “alat dan wadah” saja, tetapi harus diatur dengan sebaik-baiknya. Karena jika manajemen dan organisasi ini baik, maka tujuan optimal dapat diwujudkan, pemborosan terhindari dan semua potensi yang dimiliki akan lebih bermanfaat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Januari 2012 in Education

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: