RSS

Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)

05 Jan

Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) adalah diskripsi singkat mengenai mata-mata ajaran yang diprogramkan dalam kurikulum pendidikan. Deskripsi singkat tersebut memuat ruang lingkup pokok bahasan dari mata-mata kuliah dan apabila ada kegiatan praktek dijelaskan pula lingkup kegiatan praktek yang akan dilakukan. GBPP merupakan bagian dari penyajian kurikulum secara utuh dalam program pendidikan yang meliputi :

1. Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan adalah output yang diharapkan oleh suatu jurusan program studi atau lembaga pendidikan (Seskoad) sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Contoh tujuan pendidikan yang dirumuskan oleh pendidikan akuntansi sebagai berikut:

Mendidik tenaga-tenaga agar memenuhi persyaratan untuk bekerja sebagai seorang akuntan professional dengan memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang yang telah ditetapkan. Dengan memiliki tenaga-tenaga tersebut mampu menduduki jabatan-jabatan dalam organisasi publik ataupun swasta.

2. Kurikulum

Kurikulum adalah daftar mata-mata kuliah pada program pengajaran yang telah ditetapkan dalam proses pendidikan yang dikelompokan ke dalam semester ganjil dan semester genap. Kurikulum tersebut disusun berdasarkan pada tujuan pendidikan yang telah ditetpakan oleh jurusan atau lembaga pendidikan. Penempatan mata-mata kuliah persemester pada kurikulum memperhatikan pada prasyarat mata kuliah yang mendasarinya (prerequisite).

3. GBPP

Garis-Garis Besar Program Pengajaran adalah deskripsi singkat mengenai mata-mata kuliah yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Penyusunan Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) diperlukan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Sebelum melakukan tugas mengajar di kelas, seorang pengajar/dosen, harus mengetahui atau menyusun terlebih dahulu Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP), Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Penyusunan GBPP, Silabi dan SAP dapat dilakukan sendiri oleh dosen pemegang mata kuliah, atau dibuat oleh penyelenggara pendidikan dengan menunjuk tim sesuai kompetensinya.

GBPP diperlukan untuk digunakan sebagai dasar dalam menyusun Silabi dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Tujuan penyusunan GBPP, Silabi dan SAP tidak saja sebagai prasyarat agar dosen dapat mengajar secara baik dan berkualitas, lebih dari itu merupakan bentuk akuntabilitas dosen kepada lembaga maupun siswanya. Manfaat lain GBPP, Silabi dan SAP adalah sebagai sarana kontrak belajar antara dosen dengan siswa dan sekaligus sebagai pertanggungjawaban kepada lembaga dan siswa.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Januari 2012 in Education

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: