RSS

Bentuk-Bentuk Organisasi

05 Jan

Bentuk-Bentuk Organisasi

1. Ditinjau dari Jumlah Pucuk Pimpinan

a Bentuk organisasi tunggal adalah organisasi yang pucuk pimpinannya ada di tangan seorang. Sebutan jabatan untuk bentuk tunggal antara lain Presiden, Direktur, Kepala, Ketua; di dalam struktur organisasi pemerintahan dikenal sebutan jabatan Menteri, Gubernur, Bupati, Walikota, Walikotamadya, Camat, Lurah; dalam struktur organisasi perguruan tinggi dikenal sebutan jabatan Rektor, Dekan.

b. Bentuk organisasi jamak adalah organisasi yang pucuk pimpinannya ada di tangan beberapa orang sebagai satu kesatuan. Sebutan jabatan yang digunakan antara lain Presidium, Direksi, Direktorium, Dewan, Majelis.

2. Ditinjau dari Saluran Wewenang

a). Bentuk organisasi jalur

adalah organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam semua bidang pekerjaan, baik pekerjaan pokok maupun pekerjaan bantuan.

b). Bentuk organisasi fungsional

adalah organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu, pimpinan tiap bidang berhak memerintah kepada semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang kerjanya.

c). Bentuk organisasi jalur dan staff

             adalah organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam semua bidang pekerjaan baik pekerjaan pokok maupun pekerjaan bantuan, dan di bawah pucuk pimpinan atau pimpinan satuan organisasi yang memerlukan diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando tetapi hanya dapat memberikan nasehat tentang keahlian tertentu.

d). Bentuk organisasi fungsional dan staff

             adalah organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu, pimpinan tiap bidang kerja dapat memerintah semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang kerjanya; dan di bawah pucuk pimpinan atau pimpinan satuan diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando tetapi hanya dapat memberikan nasehat tentang bidang keahlian tertentu.

e). Bentuk organisasi fungsional dan jalur

             adalah organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu, pimpinan tiap bidang kerja berhak memerintah kepada semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang kerjanya; dan tiap-tiap satuan pelaksana ke bawah memiliki wewenang dalam semua bidang kerja.

f). Bentuk organisasi jalur, fungsional dan staff

adalah organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu, pimpinan tiap bidang berhak memerintah kepada semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang kerjanya, dan tiap-tiap satuan pelaksana ke bawah memiliki wewenang dalam semua bidang kerja, dan di bawah pucuk pimpinan atau pimpinan bidang diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando tetapi hanya dapat memberikan nasehat tentang bidang keahlian tertentu.

Bentuk organisasi yang sesuai diterapkan dalam dunia pendidikan

Menurut pendapat saya, bentuk organisasi yang sesuai diterapkan dalam dunia pendidikan yaitu bentuk Organisasi Fungsional .

Sesuai dengan pendapat salah satu ahli yaitu F.W. Taylor

Pimpinan-pimpinan yang ada tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan mempunyai wewenang memberikan komando sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

Kebaikan

a. Pembagian tugas jelas

b. Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan dengan maksimal

c. Digunakan tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsi-fungsinya.

Keburukan

a. Spesialilsasi menyebabkan susah “tour of duty” atau pergiliran tugas

b. Karyawan mementingkan bidangnya sehingga sukar melaksanakan koordinasi.

Dalam bidang pendidikan tentunya kita membutuhkan tenaga-tenaga yang sudah terbukti keahliannya. Karena dalam dunia pendidikan kita tidak bisa bermain-main atau dapat dikatakan harus serius dalam menghadapi semua. Pendidikan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita, sehingga dalam mengurus masalah pendidikan pemimpin harus cekatan dan terampil dalam memajukan dan menjaga kualitas pendidikan. Dengan bentuk organisasi fungsional, pendidikan dapat dikembangkan karena dilihat dari uraian diatas banyak kelebihan-kelebihan yang terkandung pada bentuk organisasi itu.

Pembagian tugas yang jelas tentunya harus dilkukan seorang pemimpin agar visi dan misi dapat terprogram dengan baik dan teratur. Proses pembagian tugas memiliki pengaruh yang sangat vital terhadap perkembangan pendidikan. Pembagian tugas menjadi dasar dilaksanakannya program pendidikan atau dapat dikatakan proses awal. Apabila pembagian tugasnya tepat, maka kedepannya proses program pendidikan pun dapat berjalan sesuai yang diinginkan sebaliknya bila pada pembagian tugasnya sudah kacau maka kedepannya pun program pendidikan tidak akan berjalan sesuai yang diinginkan bahkan dapat gagal.

Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan dengan maksimal. Maksudnya setiap karyawan memiliki keahlian masing-masing sehingga keahlian tersebut dapat berkembang karena adanya faktor kebiasaan. Di dalam bentuk organisasi ini, keahlian sangat didukung atau diberi fasilitas khusus agar dapat berkembang dan dapat digunakan secara maksimal. Hasilnya tentu pendidikan akan semakin berkualitas dan memiliki penemuan-penemuan baru.

Digunakan tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsi-fungsinya bermaksud agar program organisasi dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan. Tenaga ahli yang sangat berperan penting dapat terfokus pada keahliannya sehingga hasilnya dapat maksimal. Dapat dikatakan satu bidang satu tenaga ahli, jadi tugas yang diberikan dapat terselesaikan dengan baik sehingga mampu menuntun kearah tujuan.

Bentuk organisasi fungsional sangat tepat digunakan dalam pendidikan. Karena didalam pendidikan banyak terdapat bidang-bidang yang tentunya saling berhubungan satu sama lain. Dengan pembagian tugas yang jelas dan tersedianya tenaga ahli di berbagai bidang dapat melancarkan suatu program. Dan tentunya hasilnya pun akan memuaskan dan dapat terencana kembali kearah yang lebih baik.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Januari 2012 in Education

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: