RSS

Administrasi Pendidikan

05 Jan

PENDAHULUAN

Dari pengamatan saya, kebanyakan orang tidak mengenal jurusan Administrasi Pendidikan, dengan kata lain jurusan ini tidak diketahui keberadaannya atau tidak terkenal seperti jurusan lain seperti kedokteran, manajemen, komunikasi, hukum dan sebagainya. Padahal sebagian besar kegiatan manusia pasti diperlukan administrasi agar segala sesuatunya dapat tersusun sesuai harapan. Administrasi sangat penting terutama dalam dunia pendidikan. Untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang administrasi diperlukan adanya kegiatan pendidikan pengembangan diri. Pembelajaran dilakukan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan keterlampilan yang bertujuan jangka panjang yaitu agar tenaga administrasi maupun mengembangkan ilmu yang telah dipelajari dan dipraktekkan.

Banyak yang berpendapat bahwa administrasi hanya dianggap sebagai kegiatan tulis-menulis dan pembukuan keuangan. Pandangan tersebut memang ada benarnya juga namun tidak sepenuhnya benar. Karena dalam kenyataannya  kegiatan admninistasi memang dilakukan  dalam praktek  tulis menulis, baik menggunakan tangan, alat  tulis, mesin ketik atau komputer. Namun secara  teoritis kegiatan administrasi lebih luas dari pada itu.

Dalam dunia pendidikan, keaktifan orang-orang yang menguasai administrasi dalam sekolah sangat  diperlukan guna melancarkan proses belajar mengajar. Apabila administrasi dipegang oleh orang-orang yang kurang terampil maka administrasi tersebut akan berantakan. Oleh karena itu orang yang memegang administraasi adalah orang yang sudah terlatih dalam bidangnya (orang yang sudah mendapat ilmu atau pelatihan). Administrasi tidak hanya dalam hal keuangan saja tetapi juga dalam kerapian atau keteraturan kita dalam pembukuan. Administrasi tidak hanya dilakukan dalam waktu tertentu saja tetapi setiap hari secara berkelanjutan. Jadi jangan anggap remeh administrasi pendidikan karena administrasi pendidikan yang menentukan segala proses pendidikan.

ISI

Kata Administrasi berasal dari bahasa latin  yang terdiri atas kata ad dan ministrare. Kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam Bahasa Inggris, yang berarti ke atau kepada. Dan ministrare sama dengan to save atau to conduct yang berarti melayani, membantu, atau mengarahkan. Dalam Bahasa Inggris to administer berarti pula mengatur , memelihara (to look after), dan mengarahkan. Jadi kata administrasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. Pengertian administrasi pendidikan secara luas yaitu suatu bentuk kerjasama dalam proses pengarahan segala sesuatu, baik personal, spiritual maupun material yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan. Pengertian Administrasi Pendidikan secara sempit yaitu kegiatan ketatausahaan yang intinya kegiatan rutin catat-mencatat, mendokumentasikan kegiatan, menyelenggarakan surat-menyurat dengan segala aspek serta mempersiapkan laporan.

Administrasi pendidikan mengandung pengertian proses untuk mencpai tujuan pendidikan. Proses itu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemanduan, dan penilaian. Perencanaan meliputi kegiatan menetapkan apa yang ingin dicapai, bagaimana mencapainya, berapa lama, berapa orang yang diperlukan dan berapa banyak biaya. Perencanaan ini dibuat sebelum suatu tindakan dilaksanakan. Administrasi pendidikan dapat dilihat dengan kerangka berpikir sistem. Sistem adalah keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian dan bagian-bagian itu berinteraksi dalam sautu proses untuk mengubah masukan menjadi keluaran. fungsi administrasi pendidikan perlu dimulai dari tinjauan tentang tujuan pendidikan. Hal ini disebabkan oleh adanya prinsip bahwa pada dasarnya kegiatan administrasi pendidikan dimaksudkan untuk pencapaian tujuan pendidikan itu. Tujuan itu dicapai dengan melalui serangkaian usaha, mulai dari perencanaan sampai melaksanakan evaluasi terhadap usaha tersebut. Oleh karena itu, fungsi administrasi pendidikan dibicarakan sebagai serangkaian proses kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan itu.

Pelaksanaan administrasi dalam bentuk tulis-menulis atau lebih dikenal dengan ke-Tata Usahaan di sebuah lembaga pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting, terkait di berbagai bidang, baik pencatatan, maupun surat menyurat bahkan masalah  hukum, sosial maupun ekonomi dan lain-lain, sehingga tidak bisa dipandang kurang penting fungsinya. Lebih-lebih produk administrasi yang berupa dokumen seperti Ijazah, Sertifikat dan surat-surat penting lainnya akan mempunyai nilai tinggi sekali di mata hukum, jika isinya dijamin benar. Oleh karena itu kebenaran  data administrasi menuntut kejujuran dan kedisiplinan baik pelaksana maupun pengelolanya, karena produk administrasi yang demikian ini biasanya digunakan untuk memperkuat bukti-bukti fisik ditinjau dari aspek  hukum. Dalam bidang pendidikan, kebutuhan informasi mulai dari data lembaga, sarana kurikulum sampai dengan data asal dan kondisi ekonomi siswa, sangat diperlukan  baik oleh perorangan maupun lembaga-lembaga pemerintah dan swasta, maupun untuk kepentingan penelitian mahasiswa. Dalam rangka memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat umum, tentu hal ini menjadi tantangan bagi para pemikir administrasi pendidikan untuk menciptakan format data administrasi pendidikan dan sistem pengelolaan data administrasi kependidikan yang mampu mengakomodir berbagai keperluan.

Agar kegiatan dalam komponen administrasi pendidikan dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan, kegiatan tersebut harus dikelola melalui sesuatu tahapan proses yang merupakan siklus, mulai dari perencanaan, pengorganisassi, pengarahan, pengkoordinasian, pembiayaan, pemantauan, dan penilaian. Berikut penjelasannya .

●Perencanaan

merupakan suatu proses yang akan datang guna mencapai tujuan dan bersifat realistis (bukan angan-angan atau khayalan). Adapun tahap-tahap perencanaan yaitu tahap identifikasi masalah, perumusan masalah, penetapan tujuan, identifikasi alternatif, pemilihan alternatif, dan elaborasi alternatif.

●Pengorganisasian

yaitu keseluruhan proses untuk memilih orang-orang atau anggota-anggota guna mencapai tujuan bersama. Kegiatan pengorganisasian adalah penetapan tugas, tanggung jawab, dan wewenang orang-orang tersebut serta mekanisme kerjanya sehingga dapat menjadi tercapainya tujuan itu.

●Pengarahan

yaitu suatu penjelasan atau petunjuk yang dilakukan agar  pelaksanaan tugas dapat berjalan seperti yang dikehendaki.

●Pengkoordinasian

merupakan salah satu usaha untuk mengatur kegiatan dari berbagai individu yang akan disatukan untuk menyelaraskan kegiatan dalam usaha mencapai tujuan.

●Pembiayaan

adalah kegiatan mendapatkan biaya serta mengelola anggaran pendapatan. Kegiatan ini dimulai dari perencanaan biaya, usaha untuk mendapatkan dana yang mendukung rencana itu, penggunaan, serta pengawasan penggunaan anggaran tersebut.

●Pemantauan

yaitu  kegiatan yang dilakukan agar proses kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan  sesuai yang diinginkan.

●Penilaian

penilaian dilakukan untuk: memperoleh dasar bagi pertimbangan apakah pada akhir suatu kegiatan tersebut berhasil, menjamin cara bekerja yang efektif dan efisien, memperoleh fakta-fakta tentang kesulitan-kesulitan dan untuk menghidarkan situasi yang dapat merusak, serta memajukan kemampuan para anggota dalam mengembangkan organisasi tersebut.

Administrasi dalam pendidikan yang tertib dan teratur, sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan. Peningkatan kemampuan tersebut akan berakibat positif, yaitu makin meningkatnya efisiensi, mutu dan perluasan pada kinerja di dunia pendidikan tersebut. Untuk memperlancar kegiatan di atas agar lebih efektif dan efisien perlu informasi yang memadai. Sistem informasi di dunia pendidikan ini menyangkut dua hal pokok yaitu kegiatan pencatatan data dan pelaporan.

Administrasi suatu lembaga pendidikan merupakan suatu sumber utama manajemen dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya suatu tujuan terpenting pada lembaga pendidikan tersebut. Yang sangat diperlukan oleh para pelaku pendidikan untuk melakukan tugas dan profesinya. Kepala Sekolah dan guru disekolah sangat memerlukan data-data tentang siswa, kurikulum, sarana dan sebagainya untuk pengelolaan sekolah sehari-hari. Pengawas pendidikan di semua tingkat  memerlukan data-data tersebut sebagai bahan sarana supervisi. Untuk tingkat yang lebih tinggi misalnya Dinas Penididikan mulai tingkat kecamatan sampai propinsi memerlukan data  untuk pelaporan yang lebih tinggi, untuk melakukan pembinaan, serta untuk menyusun rencana atau program pendidikan pada masa mendatang. Di tingkat pusat (nasional) data pendidikan diperlukan untuk perencanaan yang lebih makro, melakukan pembinaan, pengawasan, penilaian (evaluasi), dan keperluan administrasi lainnya.

PENUTUP

Admnistrasi pendidikan bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan, pengertian administrasi pendidikan dapat dirumuskan dari berbagai sudut pandang kerja sama, proses kerja sama itu, sistem dan mekanismenya, manajemen, kepemimpinan, proses pengambilan keputusan, komunikasi dan ketatausahaan.

Administrasi memang sangat diperlukan dalam proses pendidikan baik mulai dasar sampai pendidikan tinggi. Dengan administrasi dalam pendidikan akan lebih memudahkan kita dalam pencarian maupun pengarsipan suatu data. Semoga dengan pelatihan yang diadakan untuk tenaga Tata Usaha akan bermanfaat bagi tenaga administrasi maupun bagi sekolah tempat bekerja. Dengan semakin bertambahnya ilmu tenaga administrasi maka keteraturan dan ketertiban akan terwujud.

Administrasi sangat dibutuhkan sekali dalam dunia kerja sama antara satu dengan yang lainya, agar dalam pekerjaan tersebut bisa berjalan secara efektif dan efesien, dan mudah dipahami dan dikuasai sehingga mudah juga dalam pengontrolan, dan administrasi untuk mencapai tujuan bersama.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Januari 2012 in Education

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: